Tujuan Hukum

Membicarakan tentang tujuan hukum, sama sulitnya dengan membicarakan tentang pendefinisian hukum, karena kedua-duanya mempunyai obyek kajian yang sama yaitu membahas tentang hukum itu sendiri. Atas dasar tersebut dimana hukum merupakan suatu hal yang penting dalam mengatur dan menciptakan ketertiban dalam masyarakat kiranya dapat teratasi, sehingga dapat dikatakan bahwa hukum merupakan sekumpulan peraturan mengenai tingkah laku dalam masyarakat yang harus ditaati untuk mencapai suatu tujuan.

Dalam fungsinya sebagai pelindung kepentingan manusia dalam masyarakat, dalam tujuan tersebut hukum mempunyai sasaran yang hendak dicapai, dimana hukum bertugas membagi hak dan kewajiban antara perorangan di dalam masyarakat, membagi wewenang dan mengatur cara memecahkan masalah hukum serta memelihara kepastian hukum itu sendiri. Beranjak dari hal tersebut, berbagai pakar di bidang hukum maupun di bidang ilmu sosial lainnya mengemukakan pandangannya masing-masing tentang tujuan hukum itu sendiri berdasarkan sudut pandang mereka masing-masing.

Materi selengkapnya dapat anda download di sini.

About these ads

3 Balasan ke Tujuan Hukum

  1. mujiburrahman mengatakan:

    tidak bisa di down load boss.. di tempat ku error..

    bisa di kirim pake email tidak yah?

    ajib_thontowi@yahoo.com

  2. agungtriatmoko mengatakan:

    Sebatang rokok bekas dihisap seseorangbisa dipakai sebagai alat bukti dalam perkara hukum, Tapi ..
    Seseorang membeli tanah di desa, jual belinya pakai kertas segel, disaksikan oleh tetangga dan aparat desa, ditandatangani dan kemudian dicatat di buku besar pertanahan di desa, itu sama sekali tidak serta merta membuat si pembeli dapat memiliki sertifikat tanah. Saya sempat bilang sama notarisnya; bukankah kasus seperti saya ini bisa menyebabkan saya tidak mungkin memiliki sertifikat tanah ? Kapan dong saya dapat hutang-hutangan dari Bank ?

  3. alvia mengatakan:

    tujuan hukumnya lebih spesifik lagi dong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: