Konsep Hukum, Tipe Kajian Hukum serta Metode Penelitiannya

Metode Penelitian Hukum adalah cara untuk mencari jawaban yang benar mengenai sesuatu problem tentang hukum. Maka konsep atau pengertian tentang “apa yang diartikan dengan hukum” di sini akan amat menentukan metode pencaharian yang selayaknya dipakai. Tak pelak, jenis metode yang akan dipakai dalam penelitian hukum akan sangat bergantung pada apa konsep yang tengah dikukuhi tentang hukum (Soetandyo Wignjosoebroto, 1992).

Konsep Hukum Tipe Kajian Metode Penelitian
Hukum adalah asas-asas kebenaran yang bersifat kodrati dan berlaku universal. Filsafat Hukum/Law as what ought to be Logika-Deduksi, berpangkal dari premis normative yang diyakini bersifat self evident.
Hukum adalah norma-norma positif di dalam system per-UU hukum nasional. Ajaran Hukum Murni yang mengkaji “Law as it is written in the books”. Doktrinal, bersaranakan terutama Logika Deduksi untuk membangun system hukum positif.
Hukum adalah apa yang diputuskan oleh hakim in concreto, dan tersistemasi sebagai judge-made-law. American Sociological Jurisprudence yang mengkaji ‘law as it decided by judge through judicial processes’. Doktrinal sepeerti di atas, tapi juga Non-Doktrinal bersaranakan logika induksi untuk mengkaji court behaviors.
Hukum adalah pola-pola perilaku sosial yang terlembagakan, eksis sebagai variable sosial yang empirik. Sosiologi Hukum, mengkaji ‘Law as it is in Society’. Sosial/Non-Dokrinal, dengan pendekatan structural/makro dan umumnya terkuantifikasi (kuantitatif).
Hukum adalah manifestasi makna simbolik para pelaku sosial sebagaimana tampak dalam interaksi antar mereka. Sosiologi Hukum, mengkaji ‘Law as it in human actions’. Sosial/Non-Doktrinal, dengan pendekatan interaksional/mikro, dengan analisis yang kualitatif.

Note: Sehubungan dengan tipologi tersaji di atas, para peminat utama dan pengkaji hukum (seiring dengan urutan tipe-tipe kajian di atas) adalah filosof, jurist positivis, lawyer (yang mempunyai orientasi psikolog sosial), sosiolog strukturalis, dan antropolog dan/atau sosiolog dari aliran paham simbolik-ininteraksionisme.

About these ads

7 Balasan ke Konsep Hukum, Tipe Kajian Hukum serta Metode Penelitiannya

  1. Pipiew mengatakan:

    humm…terus terang fi asing banget ni dengan metodologi dan teori hukum *bikin lieur euy*
    tp yang jelas, menurut fi, penetapan dan penerapan hukum dalam suatu komunitas masyarakat sangat erat kaitannya dengan kepentingan dan budaya yang berlaku pada komunitas tersebut. (benar bgitu ga ya?) :D

  2. Mas Muliadi, kembali lagi saya mendapatkan beberapa sumber bagus untuk paper saya di pascasarjana UII Yogyakarta. Namun, saya butuh pencerahan untuk paper saya. Mungkin mas muliadi bisa bantu saya. Jadi judul yang harus saya garap adalah penelitian socio-legal adalah penelitian hukum (ini berbeda dengan pandangan Pieter Mahmud bahwa socio legal reseach bukan penelitian hukum). Saya hanya mengandalkan argumen bahwa pada intinya hasil riset socio-legal hanya seputar masalah efektif atau tidaknya aturan hukum di dalam masyarakat. Ketika tidak efektif maka perlu disempurnakan lagi aturan tersebut sesuai dengan rekomendasi socio legal riset tersebut. Jadi kembali kepada penelitian hukum. Mungkin ada saran atau argumen lain yang mas mau menambahkan???

    H. Dodik Setiawan Nur Heriyanto, SH
    http://www.dodiksetiawan.wordpress.com

  3. Dodik Setiawan mengatakan:

    wah terimakasih undangannya… tapi sayang sekali saya baru saja buka komentar dr mas adienu… padahal kebetulan saya ada di jogja… saya tunggu mas saran-sarannya tentang komentar saya yang terakhir… sukses bwt acaranya di jogjakarta…

  4. damarwulan mengatakan:

    Mas, terima kasih, saya jadi punya pegangan buat tesis saya. Terima kasih banyak.

  5. zainal abidin mengatakan:

    BAGUS KONSEP HUKUM TSB BISA MENJADI PEDOMAN DALAM PENELITIAN HUKUM. THANKS SMG SUKSES…BRAVO

  6. reinaldo luis mengatakan:

    penelitian hukum berbeda dengan ilmu sosial, itu sebab ilmu hukum berdiri pada tempat(SUI Generis) asas, konsep, undang-undang merupakan pedoman dalam pencarian ilmu hukum itu sendiri

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: