Alternative Dispute Resolution

Urgensi Pemerintah Desa Sebagai Wadah Alternatif Penyelesaian Sengketa (Studi Pada Upaya Pembentukannya).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi Pemerintah Desa sebagai wadah alternatif penyelesaian sengketa, yakni pada upaya pembentukannya di Kabupaten Wajo serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Diharapkan dari hasil penelitian dapat memberi sumbangan pemikiran dalam rangka pembentukan suatu wadah penyelesaian sengketa dalam masyarakat, sekaligus menumbuhkan keyakinan yang kukuh bahwa alternatif penyelesaian tersebut juga memiliki kekuatan untuk menciptakan perubahan positif dalam masyarakat, yakni untuk menciptakan rasa aman dan untuk menyelesaiakan sengketa secara damai di masyarakat.

Data diperoleh melalui wawancara dan pengisian kuesioner tertutup pada responden yang disediakan oleh peneliti, dengan menggunakan analisis secara kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa urgensi pembentukan suatu wadah alternatif penyelesaian sengketa dalam masyarakat yang diwadahi oleh Pemerintah Desa di Kab. Wajo cukup dimungkinkan dalam menjaga dan mempertahankan nilai serta keseimbangan hubungan di dalam masyarakat. Upaya pembentukan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu perangkat hukum, struktur/penegakan hukum, kultur/budaya masyarakat, pendidikan dan pemasyarakatan. Kelima faktor tersebut mempengaruhi dalam upaya pembentukan suatu wadah alternatif penyelesaian sengketa dalam masyarakat yang diwadahi oleh Pemerintah Desa di Kabupaten Wajo.

Bagi yang membutuhkan info/file lengkap tentang hasil penelitian ini dapat mengirimkan e-mail ke mulnur@gmail.com

Satu Balasan ke Alternative Dispute Resolution

  1. m88 online mengatakan:

    Nice response in return of this matter with firm arguments and describing all regarding that.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: